Berita

Mahasiswa Ubaya Bisa! Ratusan Proposal PKM dari Ubaya

  • Diposting oleh : Administrator
  • Jumat, 17 Februari 2017 - 08:45:24 WIB
  • Kategori: Penalaran
  • Dibaca: 335 kali

Luar biasa! Itu kata yang dapat diucapkan melihat jumlah proposal PKM GT dan PKM AI yang akhirnya diunggah oleh mahasiswa Ubaya pada periode penerimaan pengajuan PKM GT dan PKM AI yang baru saja ditutup pada tanggal 12 Februari 2017. Kenapa dapat disebut luar biasa? Karena hal itu dikaitkan dengan waktu pengumuman pembukaan pengajuan yang terkesan mendadak, tidak sempat mempersiapkan diri dengan baik, dan berada pada saat mahasiswa sedang libur semester.

Pembukaan pengajuan PKM GT dan PKM AI pada tahun 2017 adalah 13 Januari 2017 sampai dengan 5 Februari 2017, yang kemudian diekstensi menjadi 12 Februari 2017. Masa penerimaan PKM seperti itu berarti berada dalam masa libur semester mahasiswa Ubaya. Sifat kegiatan proposal PKM yang berbentuk tim, yaitu membutuhkan 3 s/d 5 anggota, membuat penerimaan proposal PKM pada saat libur menjadi kegiatan yang menantang.

Rangkaian prosedur pengajuan proposal PKM cukup panjang antara lain: mengikuti workshop dan sosialisasi PKM, mendapatkan akun dari pak Ariek, input data di web PKM, membuat isi proposal sesuai dengan pedoman PKM, membuat lembar pengesahan, mendapatkan tandatangan dosen pendamping, WD/WD I masing-masing fakultas, tandatangan WR III, membuat surat pernyataan, menscan lembar pengesahan dan surat pernyataan, dan upload file pdf proposal PKM. Berbagai upaya kreatif, kerja keras, dan memanfaatkan segala aspek kecanggihan teknologi saat ini sangat dibutuhkan untuk dapat mengikuti rangkaian prosedur yang berkaitan dengan pengajuan proposal PKM, terlebih lagi jika rangkaian prosedur di atas dilakukan di saat libur.

Mahasiswa Ubaya ternyata mampu bekerja keras untuk menghasilkan banyak proposal PKM dalam waktu yang terbatas dan tidak ideal tersebut. Tercatat total 110 proposal PKM GT dan PKM AI yang diupload mahasiswa Ubaya di web PKM. Proposal-proposal itu terdiri dari 100 proposal PKM GT dan 10 proposal PKM AI.

Pada periode penerimaan proposal PKM GT dan PKM AI tahun 2017 ini fakultas psikologi menjadi fakultas dengan jumlah proposal yang mengirimkan proposal PKM terbanyak. Tercatat  66 proposal dari 110 proposal PKM Ubaya berasal dari fakultas psikologi. Artinya lebih dari 50 persen dari proposal PKM yang diunggah pada periode ini berasal dari fakultas psikologi.

Jumlah 110 proposal PKM yang diajukan tahun 2017 ini berarti melonjak jauh dibandingkan jumlah yang diupload pada periode penerimaan PKM GT dan PKM AI pada tahun lalu sebanyak total 66 proposal. Padahal pada tahun lalu waktu penerimaan dibuka pada waktu mahasiswa efektif kuliah.

Melihat dari fenomena di atas berarti mahasiswa Ubaya bisa membuat PKM GT dan PKM AI di bawah tekanan waktu yang sangat ketat. Harapannya kemampuan mahasiswa Ubaya tersebut menjadi lebih tereksplor pada saat waktu yang diberikan lebih ideal dan cukup longgar.