Berita

Mahasiswa Mahasiswi Farmasi Ubaya Raih 4 Gelar dalam PIMFI 2017

  • Diposting oleh : Juandy Ichwan
  • Jumat, 08 September 2017 - 22:17:22 WIB
  • Kategori: Prestasi
  • Dibaca: 162 kali

Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Surabaya baru saja mengikuti kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI) 2017. Kegiatan ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali oleh Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) di mana tempat pelaksanaannya juga selalu berbeda untuk kemerataan. Tahun ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Universitas Muslim Indonesia Makassar. Kegiatan ini berlangsung sejak 4 September 2017 hingga 10 September 2017 besok dengan berbagai kategori yang diperlombakan seperti : Mahasiswa Berprestasi Farmasi Indonesia (MAPRESFI), Patient Counselling Event (PCE), Clinical Skill Event (CSE), Debat, Herbarium, Poster, Produk Farmasi Indonesia, dan Rangking 1.  Ubaya sendiri mengikutsertakan mahasiswa mahasiswinya untuk mengikuti semua cabang kecuali kategori Produk Farmasi Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh 256 peserta dari 49 Universitas di seluruh Indonesia. Mahasiswa mahasiswi Farmasi Ubaya sendiri berhasil merebut 4 gelar yaitu Juara 2 dalam kategori MAPRESFI yang diraih oleh Christentia Steffany, Juara 2 dalam kategori Patient Counselling Event (PCE) diraih oleh Dwi Prasetyaning, Juara 3 dalam kategori Debat yang diraih oleh Christentia Steffany, Jonathan Limantoro, Linda Oktavia , dan Best Speaker Debat yang diraih oleh Jonathan Limantoro.

Dalam kategori MAPRESFI, Christentia menceritakan sedikit pengalamannya yaitu awal mengikuti perlombaan kategori MAPRESFI terdapat seleksi awal yang harus dilewati dengan membuat karya tulis 30 halaman, kemudian melihat IPK, dilanjutkan dengan melihat 10 prestasi terbaik yang pernah diraih selama kuliah dan yang terakhir adalah motivation letter. Berikut adalah ringkasan dari motivation letter yang dibuat oleh Christentia :

"Menjadi apoteker adalah suatu cita-cita dan kebanggaan saya dalam membantu orang lain mencapai kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik
Mengikuti lomba MAPRESFI Ini merupakan suatu kesempatan yang luar biasa berharga bagi saya dalam mengembangkan kompetensi saya, dan dalam menjalin relasi dengan calon apoteker hebat lainnya di masa depan, semoga dengan ajang ini kami mampu menjadi apoteker yang baik yang mampu membantu mewujudkan era Indonesia Sehat yang menjadi cita-cita seluruh masyarakat Indonesia"

Nah setelah itu dalam final 5 besar, setiap peserta yang lolos diminta untuk presentasi inovasi yang ada dalam karya tulis, kemudian membuat video ilmiah dan ditutup dengan sesi tanya jawab bahasa inggris dengan dewan juri. Begitulah cerita singkat dari Christentia mengenai kegiatan PIMFI 2017. Sekali lagi selamat buat para mahasiswa dan mahasiswi Farmasi Ubaya yang sudah berhasil meraih gelar dan mengharumkan nama Universitas Surabaya.