Berita

Batik Origami Perpaduan Budaya Indonesia dan Jepang

  • Diposting oleh : Juandy Ichwan
  • Senin, 09 Oktober 2017 - 12:43:55 WIB
  • Kategori: Prestasi
  • Dibaca: 151 kali

Kemarin (30/09), salah seorang mahasiswi FIK Ubaya bernama Monica Witarsa berhasil merebut juara 3 dalam Sayembara Desain Batik Persatuan Pelajar Indonesia Jepang. Lomba ini sendiri terbilang memakan waktu yang cukup panjang dimulai dari pendaftaran sekaligus mengirim desain yang dilaksanakan sejak 15 Mei 2017 hingga pengumuman pemenang pada tanggal 30 September 2017 kemarin. Lomba ini diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo. Pada event ini, Monica menggusung judul Batik Origami di mana ide tersebut berlandaskan dari tema yang diberikan yaitu Perpaduan Budaya Indonesia dan Jepang.

Batik adalah salah satu ciri khas Indonesia, sedangkan Origami adalah seni tradisional melipat kertas asal Jepang. Sesuai dengan judul yang dipilih Monica, maka setiap bentuk atau motif dibuat menyerupai lipatan atau origami (memiliki sudut). Adapun beberapa bentuk lain yang ditambahkan dalam desainnya yaitu Bunga Sakura, Burung Bangau, Motif Kawung, Matahari, Gunungan dan Laut, serta Ikan Koi yang pada masing-masing bentuk tersebut memiliki makna masing-masing.

Pembuatan batik tersebut memakan waktu yang cukup lama. Sedangkan teknik yang digunakan oleh Monica yaitu teknik membatik. Mulai mencanting hingga mewarnai dengan teknik colet dan celup. Diperlukan waktu hingga dua minggu agar batik karyanya terwujud. "Bikin desainnya sampai mantap itu sekitar tiga minggu," ujarn Monica.

Sekali lagi selamat kepada Monica Witarsa atas prestasi yang telah diperoleh.

Untuk melihat proses membuat batik tersebut bisa cek di link youtube ini ya : https://youtu.be/d0huzBFHpDg