Berita

Mahakarya UKKI Ubaya di Hari Bumi 2018

  • Diposting oleh : Rina Handayani
  • Minggu, 22 April 2018 - 11:59:45 WIB
  • Kategori: Kegiatan
  • Dibaca: 322 kali

Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Universitas Surabaya mempunyai caranya sendiri dalam memperingati Hari Bumi, 22 April 2018. Apa sih yang mereka buat? Mereka membuat Peta Indonesia, guys! Eits, jangan salah, peta Indonesia yang mereka buat ini bukanlah peta biasa. Melainkan terbuat dari tutup botol plastik bekas. Kreatif banget! Sesuai dengan sebutannya, Mahakarya UKKI merupakan suatu karya yang sangat luar biasa, ide awalnya karya ini memang direncanakan sebagai salah satu agenda acara tahunan UKKI yaitu Ubaya Islamic Festival (UIF). Kenapa sih harus tutup botol? “Karena tutup botol itu bahan yang unik, komponen yang harus ada untuk melengkapi sebuah botol itu sendiri, dan seringkali dibuang begitu saja saat botol sudah digunakan”, Tutur Ketua Keputrian UKKI. “Dengan bahan tutup botol ini juga kami mengusung tema kampus Ubaya sebagai kampus eco green”, Tambahnya.

Perjuangan UKKI dalam membuat peta Indonesia ini terbilang luar biasa lho, guys! Ide Mahakarya ini digagas sejak November, dan mulai mengumpulkan tutup botol sejak liburan kuliah yang dikumpulkan saat hari pertama kuliah Februari lalu. Total tutup botol yang digunakan sebanyak 20.000 tutup botol dengan berbagai warna. Biasanya, tutup botol dikumpulkan dari lingkungan sekitar dan pada acara car free day. Ukuran peta yang dibuat 12m x 7m, keren banget! Mahakarya ini juga sudah diliput beberapa media lho, salah satunya detik.com yang bisa diakses melalui link https://m.detik.com/news/berita-jawa-timur/d-3979875/coba-tebak-peta-indonesia-ini-tersusun-dari-apa 

Dengan adanya Mahakarya ini UKKI berharap, sebagai mahasiswa yang menjadi tonggak peradaban sudah sepatutnya mencintai negeri kita sendiri karena terbukti banyak yang ingin hidup di Indonesia yang terkenal dengan negeri kaya, makmur, dan subur. UKKI menjadikan Mahakarya ini sebagai bentuk rasa bangga terhadap bumi ini, khususnya Indonesia dengan keberagamannya. Intinya, Mahakarya ini mengingatkan kita untuk bangga bisa hidup di Indonesia dengan segala keberagaman di dalamnya.

Mahakarya UKKI superr keren banget kan, guys? Jangan berhenti berkarya, tetap bangga menjadi warga Indonesia, dan Selamat Hari Bumi 2018!