Berita

Prestasi Mahasiswa Farmasi dalam OFI X 2018

  • Diposting oleh : Rina Handayani
  • Selasa, 06 November 2018 - 11:11:33 WIB
  • Kategori: Prestasi
  • Dibaca: 57 kali

Pada tanggal 3-4 November 2018 berlangsung Olimpiade Farmasi Indonesia ke X 2018 (OFI X). Nah, salah satu Mahasiswa UBAYA tepatnya dari Fakultas Farmasi baru saja menambah prestasi baru, lho! Siapa sih mahasiswa berprestasi itu? Yup, namanya Jonathan Limantoro. Jonathan mengikuti OFI X yang diadakan di Universitas Andalas, Padang. OFI ini agak berbeda nih dari Olimpiade lainnya karena OFI ini khusus dengan topik kefarmasian yang dibagi menjadi 2 yaitu klinis dan farmasetik. Jonathan termasuk dalam topik klinis yang cakupannya farmakologi, farmakoterapi, obat anti infeksi, dan non infeksi. Olimpiade ini terdiri dari 3 babak yaitu penyisihan, semifinal, dan final.

Dalam babak penyisihan, peserta mengerjakan soal yang telah dibagi dalam 6 kelompok. Dan dari 50 peserta, diambil 10 peserta untuk maju ke babak semifinal. Pada babak semifinal, peserta mengerjakan soal benar atau salah dan soal essai. Lalu diumumkan 5 peserta yang maju ke babak final. Jonathan termasuk dalam 5 peserta itu lho, hebat banget! Tapi perjuangan Jonathan belum selesai nih, guys. Dalam babak final terbagi lagi menjadi 3 babak. Babak pertama pada topik klinis yaitu simulasi konseling dimana Jonathan harus melakukan skrining resep, menghitung harga sediaan, copy resep, dan konseling pasien. Babak kedua yaitu bedah kasus dalam bentuk cerdas cermat. Dan terakhir yaitu telaah jurnal yang harus dibuat dalam bentuk flowchart dan kemudian dipresentasikan serta ada sesi tanya jawab.

Perjuangan Jonathan di OFI X berhasil membawa prestasi baru yaitu sebagai Juara 3 dalam Bidang Lomba Farmakologi. Congratulations, Jonathan! Tetap semangat dan terus berprestasi ya!