Berita

Dua Mahasiswa Farmasi Ubaya, Rebut Juara Pertama Lomba Debat

  • Diposting oleh : Stefan Tiono Yokoyama
  • Senin, 23 September 2019 - 16:08:04 WIB
  • Kategori: Prestasi
  • Dibaca: 632 kali

Dua mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) raih juara pertama lomba debat Bahasa Indonesia di Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI) 2019, pada tanggal 20 - 21 Agustus 2019. PIMFI sendiri diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia ( ISMAFARSI ) yang diadakan setiap 2 ( dua ) tahun.

Lomba debat tahun ini bertema: Aktualisasi Peran Kefarmasian dalam Pengobatan di Era Modern,  di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Fisia Niti Atmadja dan Tan, Yessika Kumalasari merupakan mahasiswi farmasi angkatan 2017 yang berhasil mengalahkan 16 tim dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia.

Ada 3 babak yang wajib mereka hadapi, yaitu babak penyisihan, semi final dan final. Mereka juga harus mempersiapkan argumen mereka terkait mosi yang dibahas, antara lain Badan Pengamat Obat dan Makanan (BPOM) melarang penjualan obat-obatan melaluli e-commerce, Apoteker bertanggung jawab dalam resistensi antibiotik, Kemenristeksikti harus mewajibkan setiap jurusan kesehatan untuk menerapkan Interprofessional Education, produk saintifikasi jamu digunakan sebagai terapi utama pengobatan, Pillo Health sebagai robot pengingat kesehatan, dan Telemedicine untuk mengefektifkan pelayanan Kefarmasian.

"Debat kali ini merupakan debat pertama kami menggunakan British Parliamentary Debate System. Kami harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan menyampaikan argumen yang tepat secara runtut sehingga dapat meyakinkan juri. Awalnya kami ragu, namun ini pencapaian yang luar biasa bisa lolos ke babak final dan meraih juara pertama," ujar Fisia.

Berkat latihan intensif yang dibimbing secara langsung oleh dosen pembimbing, mereka berhasil membawa pulang predikat Juara 1 beserta Uang Tunai, Sertifikat dan Piala.

Selamat kepada Fisia dan Yessy telah berhasil memenangkan lomba PIMFI 2019 cabang debat bahasa Indonesia.

Juara 1 : Universitas Surabaya

Juara 2 : Universitas Gajah Mada

Juara 3 : Universitas Ahmad Dahlan

Best Speaker : Fisia Niti Atmadja ( Universitas Surabaya )