Berita

Sabet Gelar Pada Ajang Perdana SEDATIF 2020

  • Diposting oleh : Stefan Tiono Yokoyama
  • Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:28:08 WIB
  • Kategori: Prestasi
  • Dibaca: 307 kali

Sabtu, 17 Oktober 2020 menjadi awal kisah tercatatnya Universitas Surabaya (Ubaya) meraih Juara Kedua dalam ajang perlombaan Seminar dan Kompetisi Kefarmasian Nasional (SEDATIF) 2020 yang diadakan oleh Universitas Brawijaya. Pada kesempatan kali ini, Ubaya mengirimkan tiga perwakilan tim untuk bersaing dalam ajang tersebut, terkhususnya Kategori Poster. Jessie Wijaya, mahasiswi Fakultas Farmasi 2018 dipercaya menjadi salah satu ketua tim yang dikirimkan untuk bersaing dengan 15 perguruan tinggi lainnya pada saat itu.

SEDATIF 2020 sendiri merupakan acara tahunan yang kali ini diselenggarakan secara online dengan mengusung tema ‘Pharmacist’s Role in Educating Related to Pandemic term COVID-19 in Indonesia’. Sedikitnya dua alur yang harus diikuti yaitu voting dan penjurian (16-27 September) dan babak final (17 Oktober). Pada babak voting dan penjurian, poster dari masing-masing tim akan diunggah ke instagram @sedatif_2020 dan dicari 10 poster terbaik berdasarkan kriteria penilaian yang sudah ditentukan oleh pihak panitia dan juri. Sedangkan pada babak final, mereka mempresentasikan poster dalam bentuk powerpoint dan akan dinilai berdasarkan kriteria yang suda ditentukan oleh pihak panitia dan juri yang sama dengan pada babak sebelumnya. Dalam babak final, terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi oleh mereka salah satunya terkait pencarian informasi yang lebih banyak lagi untuk mendukung isi poster mereka.

“Jadi selama lomba ini, kami cukup mengalami kesulitan dalam membagi waktu antara kuliah, persiapan lomba, dan organisasi. Ditambah lagi saat persiapan babak final itu kami juga sedang menghadapi UTS,” tangkas Yoan Cornelia Tjandra selaku salah satu anggota tim.

Setelah bersaing dengan finalis lainnya, semua usaha yang dilakukan mereka terbayar dengan imbang akan hasil yang diperoleh, yakni mendapatkan Juara Kedua. Jessie bersama tim turut mendapatkan piala, sertifikat, dan uang tunai. Meskipun hanya meraih Juara Kedua, tentu itu menjadi momen dan kebanggaan tersendiri bagi Jessie dan tim. Hal tersebut membuktikan bahwa Ubaya mampu bersaing terkhusus terhadap PTN maupun PTS. 

“Dua bulan fokus pada perlombaan bukan waktu yang singkat tetapi melalui proses ini kami benar-benar menyadari bahwa hasil tidak akan menghianati usahanya. Selama kita berusaha mengerahkan seluruh kemampuan yang kita miliki, pasti hasil yang kita dapatkan akan sebanding dengan yang kita usahakan. You have to try to out from your comfort zone. Show your hard work, show your effort, do your best and let God do the rest,” tutup mereka pada saat itu.

Berikut deretan pemenang SEDATIF 2020 Kategori Poster :

  • Juara 1: LP_07 - Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Juara 2: LP_ 10 - Universitas Surabaya
  • Juara 3: LP_03 - Universitas Airlangga

  • Juara Favorit: LP_27 - Universitas Muhammadiyah Gresik