Berita

Mahasiswa UBAYA meraih Juara I OSN Pertamina 2015

  • Diposting oleh : Iik
  • Selasa, 01 Desember 2015 - 14:43:56 WIB
  • Kategori: Penalaran
  • Dibaca: 815 kali

Pemenang OSN Pertamina Ubah Plankton Jadi Energi
Mengembangkan microalgae dalam sebuah reaktor biologi

 

Bertempat di Gedung Integrated Faculty Club Universitas Indonesia, rasa kaget dan sekaligus gembira nyata tercermin di wajah Yoanes Maria sang ketua tim bersama dengan kedua anggotanya Yoko Brigitte Wang dan Melisa Gunawan ketika nama Universitas Surabaya (Ubaya) disebut sebagai juara pertama kategori Tim Proyek Sains dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015, dengan judul Yellow Green Microalgae - Nannochloropsis oculata as a New Source of Electricity.

Tak pernah terbersit bahwa keikutsertaan mereka mewakili kampus tercinta untuk pertama kalinya dalam ajang bergengsi ini, ternyata langsung membawa mereka ke kemenangan, apalagi sebagai juara 1. Pengumuman OSN Pertamina 2015 sendiri dilakukan Kamis 26 November 2015.

Ketika ditanya seperti apa proyek yang mereka ciptakan, penggemar musik klasik yang kini duduk di semester lima program studi Biologi, Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya ini menjelaskan dengan antuasias.



Siapa sangka microalgae (Nannochloropsis oculata) atau sejenis plankton air laut mampu menjadi sumber energi baru terbarukan di tangan mereka. Caranya adalah dengan mengembangkan microalgae di dalam sebuah reaktor biologi dengan media air laut yang bersifat elektrolit. Reaktor yang menggunakan lempengan elektroda kemudian memicu reaksi penghantaran listrik oleh microalgae sehingga bisa digunakan sebagai energi. Proses ini sendiri dijelaskan Yoanes bersih dan dapat diperbarui karena sisa buangan produksi dari reaksi pertama dapat digunakan kembali dengan diproses terlebih dahulu di air tawar.
Pemenang OSN Pertamina 2015
Proyek mereka dianggap oleh dewan juri sangat merefleksikan semangat tema OSN Pertamina 2015 yaitu energi baru terbarukan. Selain itu, proyek ini mempunyai potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut bagi kepentingan massal, apalagi tentunya memanfaatkan fakta bahwa negara kita adalah negara maritim yang kaya sumber microalgae.

Memasuki tahun yang kedelapan, OSN Pertamina terus berusaha untuk memberikan kesempatan bari para ilmuwan muda untuk terus berkarya dan berinovasi untuk menjawab tantangan nyata di Indonesia.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang OSN Pertamina 2015. Kami merasa bangga melihat banyak sekali karya-karya yang kuat dan inovatif untuk nantinya dapat kita lakukan pendampingan agar dapat semakin dikembangkan dalam skala yang lebih besar dan serius. Ini menjadi salah satu tujuan utama paska OSN yang akan dilakukan oleh Pertamina bersama dengan Direktorat Gas Energi Baru Terbarukan,” ujar Corporate Secretary Pertamina Wisnuntoro.

Tahun ini Pertamina membuktikan komitmennya untuk memfasilitasi para ilmuwan muda Indonesia dengan memberikan mentoring secara khusus dari perencanaan hingga proyek sains para peserta OSN terealisasi. Hal ini diyakini dapat meningkatkan kualitas karya para peserta dan diharapkan dapat menjadi lebih aplikatif dan dapat menjadi solusi dari tantangan energi masa depan,

OSN Pertamina 2015 yang bertemakan Energi Baru Terbarukan ini melombakan dua kategori, kategori teori dan kategori proyek sains. Di kategori teori, hadiah diberikan kepada 4 orang juara (Juara 1, 2, 3, dan Harapan) di masing-masing bidang, yaitu Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika. Sedangkan di kategori proyek sains, hadiah diberikan kepada Juara 1, 2, 3, serta 5 Honorable Mention. Total hadiah yang diterima para pemenang senilai Rp3,3 miliar.

“Pastinya hadiah ini menjadi modal yang sangat berarti untuk lebih mengembangkan penelitian sains kami. Dukungan dari berbagai pihak, khususnya regulasi pemerintah menurut saya sangat diperlukan untuk merealisasikan gerakan energi baru terbarukan. Saya bangga dapat menjadi salah satu motor pencipta energi baru untuk Indonesia,” kata Yoanes dengan rasa puas. (web)

 

Sumber :  http://nasional.news.viva.co.id/news/read/704741-pemenang-osn-pertamina-ubah-plankton-jadi-energi