UKM Satuan Resimen Mahasiswa 815

  • Tanggal berdiri : 2/9/1980

    Jadwal Latihan : Latihan Rutin: sabtu

    Cp  IG: menwaubaya815

    Resimen mahasiswa merupakan suatu organisasi yang terdapat di perguruan tinggi, dimana organisasi tersebut yang nantinya akan menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan keikutsertaan mereka dalam bela Negara. Resimen mahasiswa juga akan mengajarkan banyak hal tentang kepemimpinan dan hal yang berkaitan tentang keprajuritan. Dimana nantinya mahasiswa yang mendaftarkan dirinya untuk menjadi anggota Resimen Mahasiswa akan di didik bagaimana cara bersikap, di didik fisik dan mental serta pengetahuannya.

    Persyaratan untuk menjadi seorang anggota Menwa pun tidak semudah menjentikkan jari, ada beberapa pendidikan yang harus dilewati oleh para calon Menwa diantaranya ada Pra Pendidikan Dasar (Pra-Diksar) merupakan pendidikan yang diberikan untuk membekali para calon anggota Menwa sebelum menempuh pendidikan selanjutnya, pendidikan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang apa itu Menwa dan ilmu-ilmu keprajuritan, kemudian Pendidikan Dan Pelatihan Dasar (Diklatsar), disinilah para calon anggota Menwa akan benar-benar dididik dan dilihat potensinya apakah mereka berhak dipilih dan layak untuk menjadi seorang anggota Menwa, setelah mereka berhasil menempuh pendidikan ini, mereka tidak hanya diakui di perguruan tinggi tetapi juga akan diakui secara Nasional sebagai seorang anggota Menwa, dilanjutkan dengan Raid Baret (RB) merupakan pendidikan dimana calon anggota harus menempuh atau berjuang untuk mendapatkan Baret ungu yang menjadi ciri khas yang sah bagi seorang Resimen  , Serah Terima Jabatan (Sertijab) merupakan acara penyerahan jabatan kepada para anggota baru yang telah diberi kepercayaan untuk menduduki posisi tersebut dan yang terakhir adalah Pemantapan Provoost Satuan (Taprovsat) yang merupakan pendidikan terakhir yang harus ditempuh bagi anggota yang ingin menjadi atau dipilih menjadi seorang Provoost, pendidikan ini bertujuan agar Provoost memiliki fisik, mental dan pengetahuan yang lebih luas dari anggota yang lain, karena Provoost harus mampu memberi contoh kepada para anggota Menwa. Setelah calon Menwa melewati Pendidikan dan Pelatihan Dasar, mereka sudah dinyatakan masuk sebagai anggota, tetapi belum sah menjadi seorang staff di keanggotaan Menwa. Seperti penjelasan diatas, para anggota Menwa dinyatakan sah menjadi seorang staff,  ketika Serah Terima Jabatan (Sertijab) telah dilaksanakan. Tingkat kesulitan pendidikan yang dilewati para calon Menwa, itu tergantung pada perguruan tinggi yang mereka pilih, karena setiap perguruan tinggi memiliki porsi dan pengalaman yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

         Resimen Mahasiswa Universitas Surabaya atau yang lebih dikenal dengan sebutan SAT-MENWA 815 Ubaya juga melaksanakan pendidikan diatas yang ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya untuk menjadi bagian dari keanggotan SAT-MENWA 815 Ubaya. Disamping pendidikan wajib diatas, kami juga memiliki 2 (dua) kegiatan lagi, 1 (satu) merupakan kegiatan social yang dilakukan untuk membantu sesama dalam hal perekonomian dan meningkatan rasa kepedulian terhadap orang lain, kegiatan tersebut kami wujudkan dengan acara Bhakti Sosial, pada acara ini tidak hanya anggota Menwa saja yang dapat mengikutinya , tetapi kami juga mengundang senior-senior Menwa, beberapa anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Univesitas Surabaya (BEMUS) dan anggota Warta Ubaya yang nantinya akan meliput kegiatan kami dan menerbitkannya. Kemudian 1 (satu) kegiatan lagi yang telah kami laksanakan yaitu pendidikan Diving yang merupakan kegiatan terbaru yang kami laksanakan pada tahun 2016, kegiatan ini diikuti oleh staff Menwa, dan pendidikan ini bertujuan untuk melatih kemampuan khusus para staff  dalam menyelam, melatih kedisiplinan dan ketepatan waktu apabila berada di dalam air, dan melatih penyelamatan di dalam air dan membantu pelestarian ekosistem terumbu karang. Selain itu, kami dari Menwa Ubaya juga melaksanakan latihan rutin bagi para calon anggota Menwa, latihan rutin ini dilaksanakan untuk mendidik fisik mereka dan merupakan sarana untuk menjalin keakraban sesame calon anggota Menwa yang berasal dari fakultas yang berbeda. Latihan rutin ini tidak hanya diikuti oleh para calon anggota Menwa, melainkan para staff juga mengikuti kegiatan ini. Itulah beberapa kegiatan dan acara yang kami laksanakan untuk merekrut para calon Menwa dan menjadikan mereka bagian dari keanggotaan Menwa Ubaya.

         Sama seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang lain, kami juga memiliki sekretariat sendiri atau yang lebih dikenal dengan Markas Komando (Mako) Sat-Menwa 815 Ubaya, markas komando kami terletak di Kampung Ormawa Universitas Surabaya, Jl. Raya Kalirungkut, Surabaya 60293. Disini para mahasiswa yang ingin menjadi anggota Menwa dapat bertanya tentang bagaimana cara pendaftaran, persyaratan untuk menjadi seorang anggota ataupun sekedar menanyakan Menwa itu seperti apa, markas komando kami akan selalu terbuka setiap hari efektif  kuliah, karena setiap hari tersebut Senin s/d Jum’at, kami para anggota melaksanakn piket yang dimulai dari jam 09.00 s/d 15.00 atau dapat menhubungi contact person:Arvy (085748291443). Selain itu kami juga memiliki media sosial Facebook (MENWA SAT-815 UBAYA)  sebagai sarana yang kami gunakan untuk tetap menjalin hubungan dan komunikasi dengan senior atas dan tempat kami memposting kegiatan-kegiatan yang kami lakukan.

         Sekian gambaran yang dapat kami paparkan mengenai UKM Sat-Menwa 815 Ubaya, apabila ada hal yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, bisa langsung mengunjungi Markas Komando kami. Atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.




    *Foto 1. PAM (Pengamanan Acara Universitas:MOB Ubaya,Ubaya Games,Wisuda Ubaya,Upacara Ubaya,Reuni Akbar)




    *Foto 2.  Pra Pendidikan Dasar



    *Foto 3. Pendidikan Dasar Latihan


    *Foto 4. Parade Perjuangan


Agenda Terbaru