Struktur Organisasi

  • A. Unit Pendampingan Aktivitas dan Kesejahteraan Mahasiswa (PAKM)
    Pendampingan Aktivitas dan Kesejahteraan Mahasiswa (PAKM) memiliki tujuh layanan utama, yaitu pemberian subsidi dana bagi kegiatan kemahasiswaan, dispensasi perkuliahan, poin kemahasiswaan, asuransi dan beasiswa, Masa Orientasi Bersama (MOB) dan wisuda.

    1.    Layanan pemberian subsidi dana bagi kegiatan kemahasiswaan
    Layanan ini diperuntukan bagi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tingkat universitas atau yang biasa disebut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Pemberian subsidi dana ini didasarkan pada penyusunan Program Kerja tahunan UKM yang bersangkutan. Pengajuan layanan dapat dilakukan dengan mengunjungi ruang administrasi PAKM di gedung PF lantai 2. Adapun prosedur yang harus dilakukan untuk memperoleh layanan sebagai berikut:
    a.    Menyusun proposal kegiatan dan surat pengantar proposal sesuai dengan format ketentuan yang ada
    b.    Menyerahkan proposal dan surat pengantar proposal kepada Staff PAKM untuk diperiksa
    c.    Apabila hasil pemeriksaan dari Staff PAKM sudah selesai dan tidak ada revisi maka proposal akan diteruskan kepada pimpinan untuk direview kembali
    d.    Apabila hasil pemeriksaan dari pimpinan sudah selesai maka UKM yang bersangkutan menunggu pencairan dana sesuai yang telah diajukan
    e.    Apabila dana telah cair, maka penanggungjawab kegiatan dapat mengambil dana tersebut
    f.    Penanggungjawab harus menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan (LPJ) maksimal 14 hari setelah dana cair.

    2.    Layanan dispensasi perkuliahan
    Layanan ini diperuntukan bagi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tingkat universitas atau yang biasa disebut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Dispensasi pekuliahan yang dapat diproses hanyalah kelas reguler. Untuk perkuliahan yang mengadakan tes, ujian, praktikum, presentasi, dan lain-lain tidak dapat diproses. Dispensasi hanya diberikan apabila ada Surat Tugas yang dikeluarkan oleh univeristas atau UKM yang bersangkutan. Berikut adalah prosedur untuk pengajuan dispensasi:
    a.    Mengambil form permohonan dispensasi di ruang PAKM
    b.    Mengisi form permohonan dispensasi
    c.    Menyerahkan surat pengantar permohonan dispensasi beserta lampiran Surat Tugas dan form permohonan dispensasi

    3.    Layanan poin kemahasiswaan dan transkrip
    Layanan ini terbuka untuk mahasiswa UBAYA umum. Pengajuan poin dapat dilakukan dengan tahap berikut:
    a.    Menyerahkan salinan berkas bukti keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan (contoh: sertifikat, surat tugas) ke front office IAS gedung Perpustakaan lantai 1
    b.    Anda akan menerima bukti tanda terima penerimaan berkas
    c.    Anda dapat mengecek poin pada my.ubaya.ac.id, apabila dalam waktu 7 hari poin belum masuk anda dapat mengecek di ruang PAKM

    Tahapan pengajuan transkrip poin
    a.    Menyerahkan KTM kepada front office IAS gedung Perpustakaan lantai 1
    b.    Anda akan menerima bukti tanda terima pengajun transkrip poin
    c.    Apabila transkrip sudah selesai diproses maka anda akan menerima email pemberitahuan

    4.    Layanan beasiswa dan asuransi
    Layanan beasiswa yang dilayani oleh PAKM ada 6 macam yaitu beasiswa kurikuler, beasiswa simpati, beasiswa penalaran, beasiswa aktivis, beasiswa olahraga dan seni serta beasiswa klub basket. Layanan asuransi yang bisa diklaim oleh mahasiswa adalah asuransi kecelakaan yang terjadi dalam ruang lingkungan Kampus Universitas Surabaya.

    B. Unit Konseling dan Pengembangan Diri Mahasiswa (KPDM)
    Konseling dan Pengembangan Diri Mahasiswa (KPDM) memiliki 2 layanan yaitu layanan konseling atau Academic Counseling Center (ACC) dan layanan pelatihan, seminar atau workshop untuk pengembangan kemampuan mahasiswa. KPDM terletak di gedung Perpustakaan lantai 4. Unit ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam pemanduan karir untuk memantapkan kesiapan karir melalui pelatihan dan konseling. Selain itu tujuan dari layanan ini adalah mendukung tercapainya kemajuan pembelajaran individu mahasiswa sesuai dengan tujuan strategis masing-masing program studi melalui Academic Advisor (AA). KPDM menyediakan layanan konseling mahasiswa dengan dibantu oleh advisor sehingga metode, komunikasi, informasi yang diberikan dapat terpercaya. Layanan konseling ini terbuka untuk seluruh fakultas di UBAYA. Mahasiswa yang memiliki kesulitan dalam menentukan pilihan prioritas mata kuliah atau kesulitan mengikuti pembelajaran merupakan serta cara penyesuaian diri merupakan contoh masalah yang bisa di konsultasikan di unit ini.

    C. Unit Pendampingan Karir (PK)
    Layanan Penempatan Karir menyediakan layanan untuk penunjang akademik termasuk konseling karir dan recruitment services assistance. Tujuan dari unit kerja ini adalah membantu mahasiswa dan alumni dalam pemanduan karir untuk memantapkan persiapan dan peluang kerja. Selain itu PK juga menyediakan layanan penempatan kerja serta memberikan pendampingan untuk memasuki dunia kerja. Pendampingan yang diberikan berupa pelatihan pembuatan CV, artikel seputar karir pemberian data data lowongan kerja, dan lain sebagainya. PK menjadi salah satu jaringan UBAYA bersama dengan perusahaan di dunia kerja. Penempatan kerja di lakukan setiap semester dengan nama kegiatan Campus Recruitment.



Agenda Terbaru