Unit Kegiatan Kerohanian Islam

  • Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang ada di Universitas Surabaya (UBAYA) didirikan pada tahun 1990-an sebagai wadah pengembangan dan minat oleh mahasiswa muslim di Ubaya dalam membangun karakter keagamaan.

    Seiring pergantiaannya kepengurusan, UKKI sebagai lembaga dakwah kampus banyak mengalami perubahan dan inovasi-inovasi baru dalam mensyiarkan agama Islam. Dengan dilatar belakangi oleh sekelompok aktivis dan pelopor dakwah sehingga UKKI Ubaya tetap berjalan hingga sekarang.

    Visi dari UKKI sendiri adalah Transformasi UKKI UBAYA untuk peningkatan kualitas kader, pengoptimalan syiar, dan pelayanan umat yang lebih baik. Selain itu, UKKI selalu berusaha menjadi LDK yang mampu menjadi pelopor bagi LDK lain untuk menegakkan agama Islam.

    UKKI sendiri memiliki prestasi baik yang bersifat lokal maupun nasional, diantaranya meraih Rekor Muri sebanyak 2 kali pada kategori kaligrafi terbesar se-Indonesia pada tahun  2011 dan kategori pembuatan lukisan berbahan teh celup terbesar se-Indonesia pada tahun 2014. selain itu UKKI juga pernah ditunjuk sebagai PUSKOMDA (Pusat Komunikasi Daerah) yang meliputi Surabaya, Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo, Lamongan, Dan Bojonegoro.

    Disamping itu, UKKI juga memiliki acara rutinitas yang mengedukasi baik untuk umum maupun untuk pengurus UKKI sendiri. Acara umum yang rutin setiap minggunya ada berupa Kajian Afternoon Spirit yang diadakan setiap senin dan kamis selesai sholat dzuhur, Nganjuk (Ngaji Yuk). Untuk acara mingguannya ada OPERA (Opening Kharisma), SMART, Magang, PELURU (Pelatihan Pengurus). Selain acara rutin tiap minggu, UKKI juga memiliki acara besar tahunan seperti SRK ( Semarak Ramadhan Kampusku), MOB, Idul Adha, UIF (Ubaya Islamic Festival), dan FORMATUR.              

    Disetiap kepengurusan UKKI selalu berharap dapat melahirkan kader-kader yang mampu mengemban amanah menjadi seorang aktivis dakwah kampus.

Agenda Terbaru