UKM Medical Rescue (MR)

  • Tanggal berdiri : 3/30/1997

    Jadwal kegiatan ; sabtu

    CP : ig : medicalrescue_ubaya

    line@ : oxl3181x

    Unit Kegiatan Mahasiswa Medical Rescue merupakan suatu wadah untuk Unit Kegiatan Mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam  pertolongan pertama pada kecelakaan. Anggota UKM Medical Rescue adalah mahasiswa yang telah terlatih oleh PMI dan Basarnas untuk ikutserta dalam pelaksanaan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga, masyarakat dan juga di lingkungan Universitas Surabaya. Syarat untuk menjadi rescuer diantaranya yaitu telah mengikuti pradiklat dan diklat yang dilaksanakan indoor dan outdoor bersama dengan PMI, Basarnas dan juga Dokter. Visi dalam UKM Medical Rescue yaitu meningkatkan produktivitas para anggota UKM Medical Rescue dalam ilmu pertolongan pertama yang telah didapat, serta meningkatkan kemampuan berorganisasi para anggota UKM Medical Rescue. Adapun misi dalam UKM Medical Rescue yaitu melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, diantaraya yaitu ikutserta dalam peningkatkan kesehatan masyarakat. Sosialisasi nilai-nilai humanisme masyarakat. Melakukan dan menyebarluaskan sistem pertolongan pertama kepada masyarakat. Meningkatkan kemampuan hard skill maupun soft skill para anggota UKM Medical Rescue.

    Dalam pelaksanaan program kerja, UKM Medical Rescue bekerjasama dengan dokter, PMI Mojokerto dan Basarnas. Program kerja Medical Rescue diantara nya yaitu pradiklat dan diklat (baik pelatihan indoor maupun outdoor di hutan ataupun di laut) yang wajib diikuti oleh calon anggota Medical Rescue untuk melatih calon rescuer agar memiliki kemampuan dan kompetensi dasar sebagai rescuer, kemudian seminar first aid yang di narasumberi oleh dokter. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan dalam berorgasasi, anggota UKM Medical Rescue juga mengadakan seminar tentang HIV/AIDS yang bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya dan juga Donor Darah yang bekerjasama dengan Unit Donor Darah yang diselenggarakan di kampus Universitas Surabaya Tenggilis.

    UKM Medical Rescue juga mengadakan latihan rutin setiap hari sabtu untuk melatih dan meningkatkan kemampuan setiap anggota UKM Medical Rescue dalam penggunaan alat kesehatan seperti tensimeter, stetoskop, tabung oxigan, teknik pemakaian mitela, dan lain sebagianya. Sehingga pada saat ada kegiatan ataupun suatu acara setiap anggota Medical Rescue dapat memberikan pertolongan pertama dengan benar dan sesuai aturan yang ada. Kami selalu bersedia untuk membantu serangkaian acara dalam Universitas ataupun Fakultas di Universitas Surabaya.

    Bagi para mahasiswa yang ingin menjadi anggota Medical Rescue dapat bertanya tentang bagaimana cara pendaftaran, persyaratan untuk menjadi seorang anggota ataupun sekedar menanyakan Rescuer itu seperti apa dapat menhubungi contact person : Dinda Lisa (085733225252). Selain itu kami juga memiliki beberapa media sosial, diantaranya yaitu Facebook (ukm medical rescue ubaya), instagram (medicalrescue_ubaya) dan LINE (@oxl3181x)  sebagai sarana yang kami gunakan untuk tetap dapat  menjalin tali persaudaraan dan beberapa postingan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.



    Foto 1 : Pelatihan First Aids bersama dr. Sugiharto, MARS.



    Foto 2 : Pelatihan MRIP atau Diklat Medical Rescue



    Foto 3 : SOSIALISASI NARKOBA DAN HIV AIDS



    Foto 4 : Kegiatan Donor Darah

Agenda Terbaru