UKM Debat

  • UKM Debat

    Visi UKM Debat
    Menjadi sarana utama bagi mahasiswa Universitas Surabaya untuk mengembangkan
    kemampuan berpikir kritis dan berbicara melalui aktivitas debat untuk berkompetisi.

    Misi UKM Debat
    1. Menyelenggarakan latihan debat bagi mahasiswa Universitas Surabaya.
    2. Menyelenggarakan kompetisi debat antar klub debat, antar mahasiswa Universitas
    Surabaya, dan/atau antar siswa Sekolah Menengah Atas.

     

    Sejarah UKM

    Melihat kebutuhan akan eksistensi legal di Universitas Surabaya, maka USDS yang berbentuk organisasi independen bermaksud untuk mengajukan diri untuk menduduki status UKM yang sah di Universitas Surabaya. Pengajuan pendirian UKM Debat sepenuhnya tunduk pada Pasal 15, Pasal 16, Pasal 17, dan Pasal 18 Bab VI Anggaran Dasar Badan Eksekutif Mahasiswa (AD BEMUS) tentang Unit Kegiatan Mahasiswa.
    Pada periode akademik 2015/2016, TPP UKM Debat telah mendapatkan tawaran dari Departemen PSDM BEMUS untuk bergabung sebagai subdivisi dalam UKM Penalaran yang akan diaktifkan kembali pada periode akademik 2016/2017 karena kemiripan visi organisasi (lihat Bab IV). Namun, terdapat beberapa masalah prinsip dalam usaha tersebut mengingat UKM Penalaran pernah dibekukan statusnya atas alasan kurangnya anggota dan/atau tidak adanya kegiatan dengan sasaran yang jelas.

    Metode kerja USDS bersifat proaktif dan berhaluan eksternal dengan cara mengikuti dan/atau mengadakan kompetisi-kompetisi debat di berbagai tingkat. Dengan demikian, para mahasiswa dapat mengukur langsung kemampuan komunikasi dan ilmu
    pengetahuan umum dengan topik-topik mosi debat. Sementara itu, UKM Penalaran cenderung berorientasi internal, dengan mengadakan forum diskusi tentang isu-isu faktual dan program-program yang ditujukan untuk pengembangan mahasiswa di dalam
    lingkungan Universitas Surabaya seperti UBAYA Logic Fest dan Warkopologi 2016.

    Selain itu sebagai satu-satunya UKM yang bergerak di bidang penalaran, cakupan kerja UKM Penalaran yang begitu luas juga dapat dianggap sebuah alasan kuat untuk membentuk UKM Debat yang lebih spesifik, terarah dan mampu berdiri sendiri untuk menaungi dua divisi yang bertanggung jawab atas cabang Debat Bahasa Indonesia dan cabang Debat Bahasa Inggris. Dengan demikian, eksistensi UKM Debat tidak dapat dianggap sebagai tandingan UKM Penalaran, karena keduanya memiliki fungsi dan metode kerja yang berbeda. Diharapkan, keduanya dapat berperan sebagai rekan kerja dalam rumpun UKM yang bergerak di bidang penalaran—sebagaimana tertuang dalam Pasal 15 AD BEMUS.

    Atas alasan-alasan tersebut diatas, TPP UKM Debat yakin bahwa metode pengembangan kompetensi debat mahasiswa dengan latihan rutin dan pengiriman wakil ke kompetisi-kompetisi debat dapat tercapai dengan baik apabila USDS tidak menjadi subdivisi UKM Penalaran dan berdiri sendiri menjadi UKM Debat terpisah.

     

    Tanggal berdiri : 11/17/2016

    Jadwal Kegiatan : Setiap Sabtu pukul 8.00 sampai pukul 12.00 di PF 4.5

    Cp : id line : 60b3r (Albert Yang)

Agenda Terbaru