Bawa Pulang Dua Penghargan Youth Competiton Award

Gayati Sukma Murti dan Naflah Aulia, Mahsiswi Fakultas Psikologi angkatan 2016 Universitas Surabaya (Ubaya) berhasil membawa pulang dua penghargaan dalam ajang Youth Competition Award. Ajang tersebut merupakan pemberian penghargaan bagi mahasiswa/i yang tergabung dalam program Campus Social Responsibility (CSR) oleh Dinas Sosial Pemerintah Kota Surabaya. CSR diikuti oleh 16 Perguruan Tinggi di Surabaya dengan terdiri dari ±500 mahasiswa/i dari beberapa Perguruan Tinggi. Tujuan dari program ini adalah untuk mengembalikan anak – anak yang putus sekolah dapat kembali bersekolah serta anak – anak yang rentan putus sekolah tetap mau bersekolah. Bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi untuk melakukan pendampingan kepada anak – anak tersebut, yang dimana satu mahasiswa mendampingi satu adik asuh. Program ini juga dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai tempat untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dalam bentuk pendampingan kepada adik asuhnya.

Dimulai pada tanggal 12 Desember 2019 hingga acara puncaknya pada 18 Desember 2019, Gayati dan Naflah mempresentasikan seluruh hasil aktivitas yang mereka lakukan selama berproses dengan adik asuh mereka. Setiap Perguruan Tinggi wajib mengirimkan dua mahasiswa sebagai perwakilan dari mereka dan total ada 32 peserta yang terdiri dari 16 tim. Selain itu, masing – masing dari perwakilan Perguruan Tinggi wajib memenuhi beberapa syarat, salah satunya adalah persentase pertemuan mereka dengan adik asuhnya tidak kurang dari 70%. Hingga pada puncaknya pada tanggal 18 Desember 2019, Gayati meraih Juara II dalam Kategori Inovator sedangkan Naflah meraih Harapan III dalam Kategori Caring.

Selama dalam program CSR, mereka sempat mengalami beberapa masalah dengan adik asuh mereka. Seperti halnya dengan menyesuaikan waktu pertemuan dengan adik asuh mereka hingga Gayati sempat beberapa kali berganti adik asuh. Selain itu, faktor lokasi yang jauh dari tempat tinggal kakak pendamping menjadi faktor yang paling menonjol bagi kakak pendamping. Menurut Gayati dan Naflah, perlunya dilakukan recruitment bagi calon kakak pendamping di setiap Perguruan Tinggi untuk menyeleksi agar seluruh kakak pendamping dapat bekerja secara maksimal kepada adik asuh mereka.

Selamat kepada Gayati dan Naflah berhasil membawa Juara II dan Harapan III dalam ajang Youth Competition Award. Teruslah berprestasi mengharumkan almamater dan menjadi inspirasi bagi kita.