Mahasiswa Ubaya Bermusyawarah dalam Kongres Mahasiswa XXV

Majelis Perwakilan Mahasiswa Universitas Surabaya (MPM Ubaya) menyelenggarakan Kongres Mahasiswa XXV selama tiga hari pada tanggal 9, 11, dan 12 Desember 2023. Topik dan agenda utama dalam acara ini adalah membahas Anggaran Dasar (AD), pengesahan kegiatan, dan peraturan serta mekanisme penting lainnya terkait Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di Ubaya. Pagelaran Kongres Mahasiswa XXV diadakan secara luring di Gedung MA lantai 6, Kampus II Ubaya, Tenggilis. Ratusan mahasiswa dari perwakilan ormawa tingkat universitas, fakultas, dan politeknik Ubaya, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Kelompok Studi Mahasiswa (KSM), dan Kelompok Minat Mahasiswa (KMM) hadir dalam kegiatan ini.

Christopher Alexander, mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2022, selaku Ketua Pelaksana Kongres Mahasiswa XXV memberikan sedikit gambaran mengenai rangkaian acara tahunan MPM Ubaya ini. “Kongres Mahasiswa merupakan salah satu permusyawaratan tertinggi yang ada di Ubaya,” ujar Christ. Rangkaian acara Kongres Mahasiswa XXV dilaksanakan selama tiga hari dengan berisikan kegiatan Sidang Pra-Kongres, Sidang Fraksi, Forum Rektorat, Sidang Komisi, dan Sidang Paripurna. “Pada hari pertama sudah dilaksanakan pra-kongres sekaligus Sidang Fraksi. Kemudian, setelah menyaring isu-isu yang diangkat dilanjutkan Sidang Komisi, dan yang terakhir ada Sidang Paripurna,” papar Christ.

Lebih lanjut, Christ menyampaikan harapannya untuk Kongres Mahasiswa pada tahun-tahun selanjutnya kelak. “Saya harap fungsi dari forum yang telah disediakan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh rekan-rekan mahasiswa, bukan sekadar formalitas saja,” kata Christ. Forum ini diadakan untuk membantu mahasiswa dalam memajukan dan melancarkan aktivitas mereka di ormawa masing-masing. Maka dari itu, Christ juga menyampaikan agar isu-isu yang diangkat dapat mencapai solusi terbaik bagi ormawa. “Fungsi dari Kongres Mahasiswa perlu diperhatikan dan dimanfaatkan, karena pada akhirnya ini demi kebaikan kita bersama-sama,” tutup Christ. (mon/vnd)

(Sumber : https://www.ubaya.ac.id/2023/12/15/mahasiswa-ubaya-bermusyawarah-dalam-kongres-mahasiswa-xxv/)